-->

Monday, 20 July 2020

Gelar Paripurna, Nota Pengantar Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019

Gelar Paripurna, Nota Pengantar Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019


TEBO-DPRD Tebo menggelar Rapat Peripurna  dalam rangka penyampaian nota pengantar rancangan peraturan daerah Tebo tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, Senin (20/7). 

Ketua DPRD Tebo, Mazlan S.Kom mengatakan, bahwa rapat paripurna tersebut dilaksanakan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan dan merupakan kewajiban konstitusional.


Ia mengatakan, penyampaian pertanggungjawaban kepala daerah merupakan kewajiban konstitusional sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan undang-undang no 32 tahun 2004, sebagaimana telah diubah dengan undang-undang no 32 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pada pasal 69 ayat 1. Selanjutnya dalam PP no 3 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pemerintah daerah kepada pemerintah. Laporan keterangan perranggungjawaban kepala daerah kepada kepala DPRD dan informasi penyelebggara pemerintah daerah kepada masyrakat, sesuai dengan pasal 63 ayat 1 huruf d UU no 23 tahun 2014.

"Yang berbunyi kepala daerah mengajukan Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK paling lambat enam bulan setalah tahun anggaran berakhir," kata Mazlan.


Mazlan juga mengapresiasikan atas peraihan Opini WTP dari BPK-RI untuk Kabupaten Tebo yang kelima kalinya. 
"Kami atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tebo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Tebo atas kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dari BPK RI," Ucapnya.

Tentu ini menjdi kebanggaan tersendiri dalam perwujudan pemerintah penyelenggara yang lebih baik dari tahun ke tahun. Kami berharap tahun 2020 kita masih tetap mempertahankan WTP tersebut," timpalnya. 

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Tebo, Mazlan, yang dihadiri oleh wakilnya Aivandri. Sementara dari pihak eksekutif dihadiri Bupati Tebo Sukandar serta diikuti pimpinan Forkopimda, Sekda Tebo, serta kepala OPD lingkup Pemkab Tebo.(lalu)

 


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved