-->

Tuesday, 7 April 2020

Longsor Hingga Pembatas Jalan, Akses Desa Puntikalo Terancam Putus

Longsor Hingga Pembatas Jalan, Akses Desa Puntikalo Terancam Putus

Longsor di Desa Puntikalo Kec Sumay sampai ke besi Pembatas Jalan

TEBO-Curah hujan beberapa pekan terakhir di wilayah Tebo kian meningkat. Hal ini dibarengi dengan tingginya debit air sungai Batanghari disepanjang jalan Padang Lamo. Tingginya luapan sungai Batanghari sangat berdampak buruk terhadap kondisi akses jalan disepanjang Jalan Padang Lamo.

Seperti yang terjadi di Dusun Tanjung Kirai Desa Puntikalo Kecamatan Sumay, terlihat tebing di tepi sungai sudah mulai longsor hingga ke pembatas jalan. Kondisi ini dikuatirkan kian memburuk, terlebih setiap harinya tebing penahan air mulai terkikis akibat tingginya debit air Batanghari.

Wawan warga Desa Puntikalo menuturkan, kondisi longsor yang terjadi di desanya sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Dirinya dan warga lain sangat mengkuatirkan kondisi jalan jadi bertambah buruk.

"Longsornya sudah sampai ke besi pembatas jalan. Kami takut kalau dibiarkan bisa putus jalan di desa kami nih," sebut Wawan meyakini.

Dirinya berharap kepada pemerintah Tebo untuk segera merespon kondisi longsor di desanya. Pasalnya jika terlambat ditangani, akses jalan utama Padang Lamo yang juga jalan provinsi ini bakal putus. "Kami minta pemerintah memberi laporan atau menyurati pemerintah provinsi. Karena kita perlu gerak cepat menyikapi masalah ini. Memang jalan ini tanggung jawab provinsi, tapi kita harus peka terhadap masalah ini," terangnya.

Terpisah Kadis PUPR Tebo, Erwanto saat dimintai tanggapan terkait longsor yang terjadi di Desa Puntikalo hingga kepembatas jalan, langsung merespon kondisi tersebut. Erwanto bilang kondisi tersebut sudah ia laporkan ke pihak PUPR Provinsi sejak sebulan yang lalu. Kendati demikian pihaknya tetap optimis dan masih menunggu respon positif dari Pemprov.

"Masalah ini sudah kita sampaikan ke pihak provinsi. Jadi kita masih menunggu aksi mereka. Informasinya juga pemprov belum menggelar kegiatan Musrenbang tk Kabupaten," sebutnya.

Jika melihat kondisi longsor yang terjadi, kemungkinan bakal dibangun turab untuk menahan tanah agar tidak longsor.(red) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved