-->

Monday, 6 April 2020

Bekali Ketrampilan, Disperindag dan Naker Gelar Sosialiasi Magang ke Jepang

Bekali Ketrampilan, Disperindag dan Naker Gelar Sosialiasi Magang ke Jepang

Kelima peserta yang bakal magang ke Jepang foto bersama

TEBO - Sebanyak lima peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi dalam program magang ke Jepang kemarin memperoleh pembekalan berupa ketrampilan dan pengetahuan dalam program sosialisasi magang ke Jepang. Program sosialisasi yang digelar Dinas Perindag dan Tenaga Kerja Tebo ini tidak lain bertujuan ingin memberikan pemahaman dan motivasi kepada peserta. Selain itu  sebagai upaya peningkatan keterampilan dan etos kerja para pemuda dalam 
rangka pembangunan SDM.

Supriyono Kadis Perindag dan Naker Tebo melalui Kabid Tenaga Kerja, Joko Kisworo membenarkan, jika kegiatan yang dilakukan pihaknya itu selain memberikan ketrampilan, pihaknya juga ingin mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, kompeten dan produktif  untuk dikembangkan di negaranya setelah krmbali lagi. Sementara itu berdasarkan hasil seleksi yang sudah masuk dan siap berangkat ke Jepang kata Joko ada lima peserta.  

"Mereka ini (5 ppeserta'red) dipilih berdasarkan seleksi di Kementerian, Perusahaan tempat mereka magang dan dari provinsi juga," kata Joko meyakini.

Ucapan selamat kepada peserta magang

Joko juga menuturkan, sedianya ke lima peserta ini pada bulan April ini bakal langsung berangkat. Dikarenakan adanya kasus pendemi wabah virus Covid-19 maka pihaknya untuk sementara menunda keberangkatan. Sementara berdasarkan kesepakatan antara Dinas Perindag Naker Tebo dan Provinsi Jambi, kemungkinan jadwal keberangkatan dilakukan pada bulan Oktober 2020 mendatang. 

" Keberangkatannya ditunda dulu, Oktober nanti baru kita berangkatkan," sebut Joko.

Joko juga menyampaikan seleksi magang ke Jepang ini sasarannya adalah pemuda dan pemudi siswa SMK/SMA, lulusan SMK/SMA, Pimpinan LPK yang ada di wilayah Tebo. Adapun materi magang yang diberikan adalah,. Pengetahuan umum, kesamaptaan, pengetahuan bahasa Jepang dan cara-cara persiapan fisik.

Sebagai informasi yang perlu diketahui bahwa program magang ke Jepang dilaksanakan setiap tahunnya, tapi untuk tahun 2020 ini seleksi dilaksanakan hanya satu kali yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 mendatang di Balai Latihan Kerja Provinsi Jambi.

Dinas Perindag dan Naker Tebo tetap mbuka penerimaan calon peserta magang ke Jepang, walau ada kendala penyebaran Covid-19 , insyallah berakhirnya wabah ini seleksi akan tetap dilaksanakan. Dan juga pada saat ini pembekalan bahasa Jepang bagi peserta yang lulus tahun 2019, saat ini dihentikan sementara dan akan dibuka pada tanggal 16 April 2020 di LPK Aratana Kibou Provinsi Jambi. 

Berikut ini adalah lima peserta yang lulus seleksi tahun 2019 dan berangkat pada Oktober 2020 mendatang sebagai berikut. 1. Aziz Kurnia asal Rimbo Ilir, 2 Pandit Dwi Kusuma (Rimbo Ulu), 3. Dasi Kurniawan (Rimbo Ulu), 4. Wahyu Tri Susilo (Rimbo Ulu), dan 5. Masjid Nur Ikhsan (Tebo Tengah). (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved