-->

Thursday, 30 January 2020

Tak Bayar Denda, 11 Kambing dan 3 Sapi Bakal Dilelang

Tak Bayar Denda, 11 Kambing dan 3 Sapi Bakal Dilelang

Razia ternak, Satpol PP amankan ternak yang berkeliaran

TEBO - Pemilik ternak seperti sapi dan kambing di Tebo seperti harus mentaati Perda Ternak. Kamis (30/1) Satpol PP Tebo merazia ternak yang berkeliaran didalam kota. 

Hasil razia siang tadi, ada 3 ekor sapi dan 11 kambing yang berhasil diamankan. Ternak yang diamankan tersebut diangkut menggunakan mobil mini boks untuk dibawah ke Rumah Potong Hewan (RPH).

" Kita titipkan dulu di rumah potong sampai menunggu pemiliknya datang," kata Kakan Pol PP Tebo, Taufik Khaldy saat disambangi diruang kerjanya, Kamis (30/1).

Taufik bilang kepada pemilik ternak jika ada ternaknya yang terjaring razia dan ingin mengambilnya pemilik diwajibkan membayar denda. Denda yang dikenakan tiap ekornya antara Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu.

"Kalau kambing perekor dendanya sebesar Rp 250 ribu, dan sapi perekornya Rp 500 ribu. Ditambah dengan biaya perawatan per ekor kambing 25 ribu dan sapi 50 ribu perharinya," beber Taufik meyakini.

Jika nanti sambung Taufik pemilik ternak hingga 3 hari ternaknya tidak diambil, maka ternak yang diamankan tersebut bakal dilelang. Hal ini dilakukan mengingat warga pemilik ternak sudah berkali-kali diingatkan untuk mengkandangkan ternaknya.

"Sosialisasi sudah dua kali kita sampaikan. Bukannya dak disampaikan, kalau dak diambil terpaksa kita lelang," katanya. 

Dan tambah Taufik lagi, kepada pemilik ternak mohon saling menjaga. Jangan lagi ada ternak yang berkeliaran.  "Kalau bisa dikandangkan.  Kasian orang atau tetangga yang punya tanaman,"Pintanya.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved