-->

Monday, 16 December 2019

Dari 6.608 Sebanyak 2.836 Pelamar Dinyatakan Gugur

Dari 6.608 Sebanyak 2.836 Pelamar Dinyatakan Gugur

Rumansyah, Kabid Pengadaan BKPSDM Tebo

TEBO - Dari 6.608 peserta yang mendaftar pada Tes CPNS Tebo Tahun 2019, hampir separuh tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya alias gugur. Ini setelah BKPSDM merilis data peserta yang layak lanjut ketahap berikutnya yakni hanya 3.772 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau lolos. Sisanya sebanyak 2.836 peserta dinyatakan gugur. Kendati demikian panitia masih memberikan waktu sanggahan selam tiga hari kedepan.

Hal tersebut langsung disampaikan oleh Kabid pengadaan BKPSDM Tebo, Ruman saat dikonfirmasi Senin (16/12) kemarin. Dirinya mengatakan bahwa dari 195 formasi yang dibuka bagi Tenaga Guru, Kesehatan dan Teknik, sebanyak 6.608 pelamar telah mendaftar secara online dan dilanjutkan dengan penyerahan berkas ke BKPSDM Tebo.

"Dari total 195 formasi yang kita buka, tercatat sebanya 6.608 peserta yang mendaftar" ujar Ruman.

Setelah dilakukan verifikasi terhadap semua berkas pelamar kata Ruman, ssbanyak 2.836 berkas palamar dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Kebanyakan berkas peserta yang dinyatakan TMS karena tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta pada pengemuman pendaftaran sebelumnya.

"Yang Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 3.772 peserta, sisanya TMS. Kebanyakan tidak lengkap sesuai dengan persyaraan yang diminta pada pengumuman pendafaran yang telah kita umumkan sebelumnya" ungkap Ruman.

Namun bagi peserta yang dinyatakan TMS namun merasa sudah melengkapi persyaratan berkas dengan benar sesuai pengumuman, maka Pihak BKPSDM Tebo membuka masa sanggahan selama tiga hari ke depan yaitu 16 sampai 18 Dessember 2019.

"Namun masih tahapan berikutnya yaitu masa sanggah selama 3 hari yaitu 16 sampai 18 desember, itu bagi peserta yang ingin menyanggah karena telah dinyatakan TMS, namun merasa sudah melengkapi bahan dengan benar" terang Ruman.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Pemkab Tebo melalui BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia), akhirnya mengumumkan Peneriman CPNS Tahun 2019. Dari 195 Formasi (191 Formasi Umum dan 4 Formasi Disabilitas) yang diterima, Formasi Tenaga Pendidikan (guru) masih mendominasi dibanding Formasi Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis.

Untuk Formasi Tenaga Pendidikan (Guru) sebanyak 91 Formasi yang diantaranya ialah 3 Formasi Pendidikan Agama Islam, 2 Formasi Bahasa Indonesia, 2 Formasi IPA, 1 Formasi IPS, 3 Formasi Matematika, 4 Formasi Porkes, 1 Formasi PPKN, 1 Formasi Seni Budaya, 3 Formasi Guru TK dan yang terbanyak yaitu Formasi Guru SD (PGSD) sebanyak 71 Formasi.

Untuk Formasi Tenaga Kesehatan, sebanyak 51 Formasi yang diterima. Diantaranya ialah 3 Formasi Apoteker, 2 Formasi S1 Bidan, 6 Formasi Dokter Umum, 4 Formasi Dokter Gigi, 1 Formasi Dokter Spesialis Bedah, 3 Formasi S1 Nutrisionis, 1 Formasi Penyuluh Kesehatan, 4 Formasi Perawat (NERS), 8 Formasi DIII Bidan, 1 Formasi S1 Nutrisionis, 12 Formasi DIII Perawat, 1 Formasi DIII Perawat Gigi, dan 5 Formasi DIII Sanitarian. 

Sedangkan untuk Formasi Tenaga Teknis, Sebanyak 49 Formasi yang diterima. Pendaftaran secara secara online melalui https://sscasn.bkn.go.id/ akan mulai dibuka pada 11 drsember lalu. Sedangkan untuk pelaksanaan Tes SKD (CAT) diperkirakan akan dilakukan pada Februari 2020 mendatang sesuai dengan rekomendasi BKN.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved