-->

Wednesday, 30 October 2019

2020 Disperkim Garap Kawasan Kumuh, 2,4 Miliar DAK Mengalir ke Tebo

2020 Disperkim Garap Kawasan Kumuh, 2,4 Miliar DAK Mengalir ke Tebo

Ilustrasi.net

TEBO - Dinas perumahan dan kawasan permukiman (Disperkim) Kabupaten Tebo Provinsi Jambi tahun 2020 mendatang fokus garap kawasan kumuh. Pasalnya Disperkim bakal mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk bidang perumahan dengan nilai lebih kurang sebesar Rp.2,4 Milyar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perkim Tebo Riswan Pasaribu Rabu (30/10) meyakini bahwa tahun 2020 mendatang bidang perumahan, bakal mendapat DAK dari Pemerintah pusat.

"Dengan bantuan DAK dari Pemerintah pusat tersebut, setidaknya bidang perumahan pada Disperkim bisa lebih maksimal dalam upaya pengentasan kemiskiman di kabupaten Tebo "kata Riswan singkat.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kabid perumahan Rusdi, bahwa bantuan DAK tersebut bisa didapat.  karena lanjut dia berdasarkan kajian yang telah di lakukan oleh Badan pengembangan penelitian dan pembangunan daerah (Bappelitbangda) bahwa terdapat wilayah yang berpotensi kawasan kumuh di 12 kecamatan dalam kabupaten Tebo.

" Sudah melalui kajian kita, ada 12 kecamatan yang butuh bantuan perumahan," sebut Rudi meyakini.

Berdasarkan kajian tersebut maka di buatlah Surat Keputusan (SK) Bupati Tebo tentang wilayah kawasan kumuh yang ada di Tebo, dan di usulkan ke Pemerintah pusat sehingga Disperkim dapat bantuan DAK perumahan untuk tahun 2020 mendatang. 

"Kalau peruntukannya sama dengan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) "kata Rusdi. 


DAK bidang perumahan tersebut dalam pelaksanaannya akan di kelola oleh desa yang berada di setiap Ibukota Kecamatan. Setidaknya bantuan DAK yang sudah di tetapkan ada 13 lokasi kawasan kumuh di 12 kecamatan, 1 lokasi untuk kelurahan pasar Muaro Tebo dan Tebing Tinggi "jelas Rusdi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved