-->

Monday, 23 September 2019

Izin Konsesi ABT Terancam Dicabut

Izin Konsesi ABT Terancam Dicabut

Bupati Tebo H.Sukandar

TEBO-Bencana kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Tebo terus meluas. Yang terbaru adalah lokasi konsesi milik PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT) di Kec Sumay Kab Tebo. Hal ini menjadi perhatian banyak pihak termasuk salah satunya adalah Kementrian LH.

Sukandar Bupati Tebo tidak menampik jika kemarin Pemkah Tebo kedatangan perwakilan dari Kementerian LH. Tujuannya untuk meninjau lokasi kebakaran di lahaj konsesi milik PT ABT.

"Memang benar sesuai dengan perintak bapak presiden ada perwakilan dari Kementerian LH ke Tebo. Mereka meninjau lokasi lahan kebakaran didalam kawasan konsesi milik PT ABT," ujar orang nomor satu di Bumi Seentak Galah Serengkuh dayung ini. 

Tak dipungkiri lanjut Sukandar dirinya mendapat perintah langsung dari bapak presiden untuk menyampaikan persoalan izin konsesi PT ABT yang terancam bakal dicabut. Sementara terkait soal berapa luasan lahan didalan konsesi yang terbakar Sukandar belum menerima laporan dari instansi terkait.

"Sesuai perintah bapak presiden izin konsesinya akan dicabut," sebut Sukandar meyakini. 

Sukandar juga menyampaikan jika selaij meninjau lahan yang terbakar, kunjungan perwakilan Kementerian LH yang datang ke Tebo juga ingin melihat langsung konflik yang terjadi antara masyarakat SAD dengan pihak perusahaan. Pasalnya sejak beroperasinya PT ABT di sekitar kawasan Bukit Tiga Puluh banyak konflik yang kerap terjadi, baik dengan masyarakat sekitar atau masyarakat adat yakni suku SAD. 

"Persoalan ini sudah lama dan terus berlanjut, untuk itu kedatangan perwakilan Kementerian LH ke Tebo bisa membuka solusi positif bagi kedua belah pihak. Karena ini persoalan lahan dan izinnya langsung pusat maka pusatlah yang punya kewenangan dalam penyelesaiannya," pungkas Sukandar. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved