-->

Thursday, 15 August 2019

Udara di Tebo Mendekati Tidak Sehat

Udara di Tebo Mendekati Tidak Sehat

ISPU Tebo 86,05 Mendekati udara kotor atau Tidak Sehat

TEBO-Berdasarkan pantauan Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang terbaru dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tebo, merilis Pada Kamis (15/8) sekitar komplek Perkantoran Km 12 ISPU berada diangka 86,05. Artijya jika ISPU Tebo berada diangka 86,05, kondisi udara saat ini berada dilevel kategori sedang.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran, Kerusakan dan Penaatan, Dinas LH Tebo, Derri kepada wartawan meyakinkan jika kondisi udara di Kabupaten Tebo saat ini masih berada dilevel aman. Pasalnya sejak sepekan lalu berdasalkaj pengukuran dan visual yang terlihat ISPU masih dibawah 100 dan kabut asap masih tipis.

"Masih aman, asapnya juga belum terlalu pekat," kata Derri kepada koran ini, Kamis (15/8).

Memang lanjut Derri, kategori udara yang sehat dan bersih itu jika ISPU berada dibawah angka 50. Akan tetapi sejak sebulan terakhir hingga pertengahan Agustus ini kabupaten Tebo kerap dilanda kebakaran lahan dan hutan. "Pasti, hampir tiap tahun jika kemarau muncul asap," sebutnya.

Untuk mengurangi dampak terpapar oleh asap kebakaraj lahan dan hutan, Derri menyampaikaj kepada seluruh masyarakat Tebo agar mengurangi kegiatan atau aktifitas diluar rumah. Pasalnya asap yang menyelimuti kota Tebo dikuatirkan bakal menganggu kesehatan.

"Kalau yang ingin keluar rumah pakaiah masker atau pelindung. Ini mengurangi terserangnya ispa," pinta Derri.

Untuk diketahui kategori angka ISPU berdasarkan tingkatan parameter alat pengukur udara jika 0-50 kategori udara sehat atau baik. 50-100 kategori udara sedang, 101-200 kategori udara kotor atau tidak sehat dan 201-300 udara sangat kotor atau sangat tidak sehat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved