-->

Tuesday, 12 March 2019

Lampu Proyek LPJU Tebo Ternyata Kosongan, Harga Per Item Cuma 1 Juta

Lampu Proyek LPJU Tebo Ternyata Kosongan, Harga Per Item Cuma 1 Juta

Ilustrasi.net

TEBO-Ternyata lampu yang digunakan untuk pengadaan proyek LPJU Tebo tahun 2017 lalu adalah kosongan alias tidak bermerk. Parahnya lagi untuk satu item lampu yang disediakan pihak vendor hanya dihargai sebesar Rp 1 jutaan. Greet ini jelas sangat jauh selisihnya dengan yang dikeluarkan bendahara desa, dimana tiap desa wajib menganggarkan Rp 7 juta untuk tiap lampu. Ini diakui SA warga keturunan Cina pemilik vendor atau merk Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dari Dana Desa (DD) tahun 2017, usai diperiksa tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo, kemarin.

Diakui SA dihadapan penyidik kejaksaan pihaknya hanya sebagai vendor atau distributor lampu. Pantauan koran ini pria berkacamata ini diperiksa dari pagi hingga tengah hari. 

Pria yang berdomisili di Jakarta ini, disinyalir mendatangkan ratusan LPJU dari Cina dalam kondisi kosong. Sesampai di Indonesia, LPJU tersebut dipasang merk lalu di distribusikan ke Kabupaten Tebo.

Terkait informasi ini, Kasi Pidsus Kejari Tebo, Efan Apturedi dikonfirmasi enggan berkomentar. Berkali-kali ditanya terkait pemeriksaan SA, dirinya memilih bungkam. “Lihat dan pantau saja sendiri ya,”singkatnya dan berlalu.

Dana pengadaan LPJU tahun 2017 ini, lebih dari 300 orang saksi dari perangkat desa, Camat, pegawai dan staf Dinas Pemerintah Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tebo serta saksi lainnya, telah diperiksa oleh tim penyidik Kejari Tebo.

Untuk penanganan kasus ini telah dimulai sejak Mei 2018 lalu. Kemudian pada Juli 2018 status kasus ini ditingkatkan dari tahap penyelidikan menjadi tahap penyidikan.

Dan saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) mesupervisi penanganan kasus tersebut.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved