-->

Friday, 8 March 2019

Jalan Padang Lamo dan Muaratabir Hancur, Ini Penjelasan Kadis PUPR

Jalan Padang Lamo dan Muaratabir Hancur, Ini Penjelasan Kadis PUPR

Akses jalan provinsi di Kecamatan Sumay yang hancur

TEBO-Jalan Padang Lamo mulai dari Simpang Padang Lamo hingga ke VII Koto kondisinya sekarang hancur. Begitu juga jalan Muaratabir hingga perbatasan Kabupaten Bungo masih butuh perhatian. Akses jalan provinsi yang menghubungkan dua Kabupaten Tebo dan Bungo kini kondisinya semakin kritis.

Menyikapi persoalan kondisi tersebut Pemkab Tebo dibawah Dinas PUPR sejauh ini sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov Jambi terkait usulan proyek perbaikan jalan padang lamo dan muaratabir.

Erwanto Kadis PUPR Tebo kepada wartawan saat disambangi ke kantornya mengakui kondisi jalan padang lamo dan muaratabir sudah seharusnya diperbaiki. Pasalnya beberapa titik jalan mulai dari simpang padang lamo hingga ke sumay kondisinya sangat parah. Terlebih akses jalan nasional yang ada di kecamatan muaratabir juga membutuhkan perhatian.

"Usulannya sudah kita sampaikan ke provinsi. Mudah mudahan tahun 2020 nanti sudah bisa dikerjakan," sebut Erwanto meyakini.

Karena lanjut Erwanto akses jalan penghubung antar kabupaten adalah tanggung jawab provinsi. Kemungkinan untuk akses jalan padang lamo Erwanto mengusulkan mulai dari simpang padang lamo hingga ke Sumay. 

"Kalau yang di Tabir mulai dari kantor camat tabir hingga perbatasan Bungo," katanya.

Terkait berapa besar anggaran dan panjang jalan yang bakal diperbaiki itu pihak konsultan dari provinsilah yang menentukan. Pihaknya hanya mengusulkan perbaikan kondisi jalan serta panjang jalannya yang masuk dalam usulan perbaikan jalan.

"Berapa panjangnya nanti pihak konsultan yang menilainya, sama samalah kiat berharap agar jalan padang lamo dan tabir segera diperbaiki. Kalau mengharapkan dari APBD berapalah anggran kita mana sanggup," terangnya.

Sekedar mengingatkan Bupati Tebo H. Sukandar pernah mengatakan, anggaran APBD Provinsi Jambi tahun 2018 senilai lebih dari Rp 62 Milyar tersebut nantinya akan digunakan untuk perbaikan jalan Simpang Sawmil-Simpang Logpon, kemudian jalan Simpang Logpon-Padang Lamo-Tanjung, jalan Muara Tebo-Simpang Logpon serta jalan Betung Bedarah-Pintas hingga Batas.

“Ya, tahun ini kita kembali mendapat kucuran dana untuk peningkatan jalan Provinsi Jambi yang ada di Kabupaten Tebo. Seperti kita ketahui bahwa sejumlah ruas jalan Provinsi yang ada di Tebo memang mengalami kerusakan dan butuh perbaikan sesegera mungkin. Dan tahun 2018 ini anggaran tersebut sudah dipersiapkan oleh pemerintah Provinsi, tinggal nunggu pelaksanaannya saja,” ujar Sukandar.

Untuk rincian anggarannya sendiri Sukandar menjelaskan, jalan Simpang Sawmil-Simpang Logpon yakni sekitar Rp 10 Milyar dengan panjang sekitar 3,70 KM. Kemudian untuk jalan simpang Logpon-Padang Lamo-Tanjung Rp 26 Milyar lebih panjang sekitar 9,50 KM.

Selanjutnya jalan Muara Tebo-Simpang Logpon sekitar Rp 17 Milyar lebih dengan panjang sekitar 6,50 KM dan jalan Betung-Pintas hingga batas sekitar Rp 8 Milyar dengan panjang sekitar 7 KM. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved