-->

Thursday, 21 February 2019

Sederhana dan Simple, FKH Ajak Warga Tebo Produksi Bahan Bakar Berbahan Kantong Plastik Bekas

Sederhana dan Simple, FKH Ajak Warga Tebo Produksi Bahan Bakar Berbahan Kantong Plastik Bekas

FKH Tebo saat memaparkan proses pembuatan minyak berbahan limbah kantong plastik bekas di halaman Mapolres Tebo

TEBO-Hanya berbekal bahan seadanya, Forum Komunita Hijau (FKH) Tebo berhasil memproduksi minyak sebagai bahan bakar dari limbah sampah kantong plastik bekas. Simulasi pembuatan produksi minyak di halaman Mapolresv Tebo dari limbah kantong plastik bekas mendapat antusias warga yang menyaksikan. Untuk itu FKH mengajak masyarakat Tebo untuk memanfaatkan limbah kantong plastik bekas yang nantinya bisa menghasilkan minyak berbahan bakar. Ini disampaikan langsung, Sekretaris FKH Tebo, Koko didepan anggota personil Polres Tebo, warga dan petugas kebersihan.

Koko juga menyampaikan jika proses penyulingan limbah kantong plastik bekas untuk menghasilkan uap yang berisi kandungan bahan bakar hanya bermodal bahan sederhana. Bahan yang dibutuhkan tersebut antara lain kompor sebagai alat pemanas, tabung bisa kaleng bekas atau lainnya, botol air mineral serta selang atau pipa.

"Pemanasan kantong plastik yang sudah dipotong kecil kecil dalam sebuah tabung dimaksudkan untuk menghasilkan uap. Uap itulah yang nantinya menghasilan tetesan minyak sebagai pengaganti bahan bakar," ujarnya meyakini.

Minyak yang dihasilkan dari proses pemanasan tadi kata Koko memiliki daya sambar yang sama dengan minyak lampu/tanah. Untuk itu dia berharap dari simulasi yang singkat tersebut warga Tebo memanfaatkan limbah kantong plastik bekas, untuk dikelolah sehingga nantinya menghasilkan minyak sebagai pengganti bahan bakar.

"Simple dan tidak rumit kok pembuatannya. Bahan yang digunakan sebagai media juga merupakan berasal dari barang bekas," katanya.

Selain limbah kantong plastik bekas Koko juga bilang limbah oli bekas dan botol bekas air mineral juga bisa menghasilkan bahan bakar minyak. Prosesnya pun sama seperti proses pengelolah limbah kantong plastik bekas.

Bahkan lanjut dia kalau limbah oli bekas malah lebih mudah dan cepat prosesnya. Hasilnya pun hampir sama dengan bahan bakar solar. "Silahkan kalau ada warga yang bingung dan berniat mencoba jangan sungkan datang saja le sekretariat kita. Siapa tahu pengen tahu detilnya terkait proses pengelolaanya," ajak Koko.

Kegiatan simulasi FKH Tebo ini bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar di Mapolres Tebo, Kamis (21/2). Selain simulasi, kegiatan lainnya yang dihadiri Wakil Bupati Tebo lainnya adalah pemindahan sampah secara simbolis oleh Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved