-->

Tuesday, 5 February 2019

Petani Kedelai di Tebo Girang, 2 Miliar untuk Sarana Produksi

Petani Kedelai di Tebo Girang, 2 Miliar untuk Sarana Produksi

Ilustrasi.net

TEBO - Tahun ini sepertinya petani kedelai yang ada di Tebo merasa kegirangan. Pasalnya melalui APBN Pemkab Tebo bakal mendapatkan kucuran dana berupa bantuan sarana produksi pada komoditas kedelai.

Mukti petani kedelai di desa Baru Kecamatan VII Koto kegirangan setelah mendengar jika tahun ini petani kedelai bakal memperoleh bantuan sarana produksi kedelai. Pasalnya dengan bertambahnya biaya sarana produksi dipastikan komoditas kedelai ia dan kelompok lainnya bakal meningkat.

"Alhamdulilah mudah mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk produksi kedelai kami,"

Sebagai sentra benih kedele, pada Tahun 2019 kali ini Pemkab Tebo melalui Dinas Pertanian akan kembali menyalurkan bantuan yang barasal dari APBN bagi sarana produksi bagi petani kedele di Kabupaten Tebo. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Hultikultura Kabupaten Tebo, M Ziadi saat ditemui di ruang kerjanya kemarin. Dirinya menyebutkan bahwa pada tahun ini pemkab tebo akan memberikan bantuan sarana produksi bagi para petani kedele.

"untuk petani kedele, tahun ini akan dibantu sarana produksi melalui APBN. bantuan ini akan diberikan hitungan perhektar lahannya" kata Ziadi.

Bagi para petani kedele, akan mendapatkan sarana produksi sebesar Rp 940 ribu perhektar. Tahun 2019 ini akan dialokasikan bantuan untuk 2.500 hektar lahan kedele di Kabupaten Tebo yang dibagi lahan kedele murni 1.000 hetar, dan lahan kedele tumpang sari seluas 1.500 hektar. Artinya dibagikan angaran 2,3 miliar bagi para petani kedele di Kabupaten Tebo.

"jadi bantuannya bukan dalam bentuk benih, tapi langsung dalam bentuk uang tunai untuk sarana produksi yaitu 940 ribu perhektar" ungkap Ziadi.

Produksi kedele kabupaten tebo dari tahun ke tahun memang terus mengalami peningkatan. bahkan pada tahun 2018 kemarin, produksi kedele di Kabupaten Tebo mencapai 9.064 ton. Peningkatan produksi kedele kata Ziadi juga tidak lepas dengan luas lahan pertanian kedele di Kabupaten Tebo yang terus meningkat. pada tahun 2018 lahan pertanian kedele di Kabupaten Tebo mencapai 5.382 hektar dengan luas panen 2018 mencapai 3.053 hektar pada tahun 2018.

"kalau saat ini luas lahan kita sekitar 3.053, namun luas panen kita pada 2018 mencapai 5.382 hektar" tuntas Ziadi.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved