-->

Tuesday, 15 January 2019

Terhambat SDM, DisperindagNaker Gagal Garap PAD Metrologi

Terhambat SDM, DisperindagNaker Gagal Garap PAD Metrologi

Ilustrasi.net

TEBO-Kabupaten Tebo sebenarnya punya banyak potensi PAD dari banyak sektor, salah satunya adalah sektor metrologi. Tapi sayang baru mulai digarap, sektor metrologi dihambat oleh keterbatasan Sumber Daya Manusianya (SDM). Hal ini disampaikan Kadis PerindagNaker Tebo, Soleh melalui Kabid Pasar dan Restribusi Edi Sofyan kepada media kemarin.

Dikatakannya, untuk di Kabupaten Tebo sektor metrologi dari layanan tera ulang ini potensi PADnya sangat besar. Ini bisa dilihat dari data yang sudah DisperindagNaker rangkum untuk PAD metrologi. Sedikitnya ada 8 restribusi ditiap kegiatan usaha yang menggunakan alat ukur tera ulang.

"Ini saja belum tergarap seluruhnya, yang sudah kita data baru sekitar 80 persen," sebut Edi Sofyan.

Edi juga menguraikan potensi PAD tersebut ada di bidang pengukuran tangki ukur, nozzle atau stik selang yang ada di SPBU, AMP (aspal mecing pan), loading sawit.

"Selain itu tebo juga ada timbangan jembatan, timbangan pegas, tangki ukur silinder tegak, dan tangki kernel," bebernya.

"Baru kegiatan itu yang ada datanya sama kita," timpalnya.

Keterbatasan SDM untuk menggarap PAD disektor metrologi sangat disayangkan Edi. Pasalnya tahun ini pemkab Tebo bakal menerima DAK dari pusat berupa bantuan peralatan dibidang tera ulang. "Kita dapat bantuan dari pusat berupa armada mobil, motor, peralatan ukur serta bejana. Sayang kalau ini tidak tergarap pasti mubazir," kata Edi.

Edi berharap dari Pemkab Tebo kiranya bisa mengatasi masalah SDM di OPD DisperindagNaker yang mengerti soal bidang tera ulang. Pasalnya lagi setidaknya ada dua SDM berlatar belakang teknik yang paham soal bidang tera ulang ini.

"Sudah pernah kita ajukan, tapi belum ada tanggapan. Mudah mudahan pemkab segera mencarikan SDM untuk pengolahan PAD di metrologi," harap Edi lagi.

"Ya kalau belum bisa buat UPTD minimal ada seksi yang membidanginya," ujarnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved