-->

Friday, 18 January 2019

Berkas 8 Desa Diserahkan ke APIP, Polisi Tunggu Hasil Audit

Berkas 8 Desa Diserahkan ke APIP, Polisi Tunggu Hasil Audit

Ilustrasi.net

TEBO-Proses penyelidikan ke 8 desa oleh Tipikor Polres Tebo terus bergulir. 8 Desa yang terindikasi dalam penyimpangan atau penyalagunaan Dana Desa kini berkasnya sudah masuk ke meja APIP. Hal ini dibenarkan oleh Kasatreskrim Polres Tebo, AKP Hendra Wijaya saat dikonfirmasi Kliktebo.com beberapa waktu lalu.

Hendra menuturkan, sebanyak 28 laporan penyalagunaan Dana Desa yang masuk ke Tipikor sudah ditindak lanjuti. Kendati demikian hanya ada 9 desa yang terindikasi melakukan tindak pidana korupsi. "Proses lidik sudah kita lakukan, 8 desa sudah kita limpahkan berkasnya ke APIP," ujar Hendra meyakini.

Namun satu desa lagi lanjut Hendra masih dalam proses pengumpulan data. Pasalnya beberapa bukti masih ada yang belum terpenuhi. "Yang satu desa ini kita masih pulbuket," sebutnya.

Sejauh ini pihaknya masih menunggu respon APIP untuk menindaklanjuti proses penyelidikan. Dan selama masih diproses oleh APIP polisi belum bisa memenuhi kewenangan sebagai penyidik. "Aturannya begitu, setelah dari APIP tidak tertangani lagi baru penindakannya diserahkan ke kita," kata Hendra.

Sementara itu berdasarkan hasil penyelidikan Tipikor Polres Tebo, kerugian negara ditiap desa bervariatif mulai dari kisaran puluhan juta hingga yang ratusan. Hendra juga enggan membeberkan desa mana saja yang terindikasi tindak pidana korupsi. "Belum bisa kita sampaikan," sebutnya.

Sebelumnya polisi telah lebih dulu menahan Kades aktif Aburan Batang Tebo TM (51) tersandung tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Tebo. Pasalnya kades TM terbukti korupsi anggaran dana desa (ADD) senilai 160.769.500 rupiah yang bersumber dari APBD Tebo tahun 2015 silam.

Dari tangan tersangka, Polisi berhasil menyita 1 bundel dokumen asli proposal ADD, 1 bundel SPJ asli Pencairan ADD tahap 1 senilai 240.610.000 juta, 1 bundel SPJ asli pencarian tahap II senilai 240.610.000 juta, 1 bundel SPJ aali pencairan tahap III senilai 120.305.200 juta dan uang tunai sebesar 5.000.000 rupiah.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved