-->

Thursday, 27 December 2018

Kadis dan Kabid Pertanian Masuk Daftar ASN Dipecat

Kadis dan Kabid Pertanian Masuk Daftar ASN Dipecat

Sekda Tebo, Teguh Arhadi

TEBO-Kadis Pertanian Tebo, Sarjono dan Kabid Pertanian Kembar Nainggolan masuk daftar ASN Tebo yang dipecat. Sarjono dan Kembar sudah divonis oleh Pengadilan Tinggi Jambi atas kasus korupsi proyek Embung Desa Sungai Abang Kec VII Koto masing masing 2 tahun dan 1 tahun penjara. Pernyataan ini langsung disampaikan Sekda Tebo, Teguh Arhadi dihadapaj wartawan, Kamis (27/12).

Teguh bilang, kemungkinan jumlah ASN Tebo yang tersandung korupsi yang dipecat bakal bertambah. Dimana sebelumnya Pemkab Tebo merilis ada 9 ASN Tebo yang masuk daftar ASN tersandung korupsi.

"Sebelumnya ada 7 Dafrar ASN korupsi, kemarin bertambah lagi 2 ASN jadi semuanya ada 9 ASN " kata Teguh meyakini.

Kepastian kapan 9 ASN Tebo ini dipecat, Teguh berjanji Bakal dilakukan sesegera mungkin. Hal ini mengingat tinggal beberapa hari lagi, sudah memasuki tahun 2019.

"Sesegera mungkin, sebelum tahun 2019 mereka sudah terima surat pemecatan," tuturnya lagi.

Sesuai aturan disampaikan Teguh ke 9 ASN tersebut harus dipecat dan saat ini tengah diproses. Beberapa berkas yang dibutuhkan sudah disiapkan, salah satunya adalah salinan putusan dari pengadilan.

Sementara itu, ke 9 ASN Tebo yang masuk daftar ASN dipecat sudah dan tengah menjalani proses hukum. Hal ini diperkuat dengan putusan pengadilan yang memiliki ketetapan incraht atau berkeuatan hukum tetap.

Sementara itu Sekban BKPSDM Tebo, Suwarto menegaskan, surat resmi tentang status hukum 9 ASN sudah diterima dari pengadilan. Hanya saja Suwarto enggan menyebutkan kapan surat pemberhentian ASN tersebut dilayangkan.

"Tinggal tunggu waktu, dalam bulan Desember 2018 ini," jelas Suwarto.

Menurutnya, pemberhentiannya mereka itu dilakukan secara tidak hormat, bahkan tanpa hak pensiun yang mereka terima. Eksekusinya bakal dilaksanakan serentak se propinsi Jambi. Sayangnya, lagi lagi Suwarto enggan membeberkan nama-nama mereka yang diberhentikan tersebut.

" Keputusan pemberhentian ASN Kabupaten Tebo akan segera dilaporkan ke KPK, BKN dan Kemenpan RB. Ini sudah menjadi komitmen bersama dengan pemerintah daerah," katanya.

Dikatakan Suwarto bahwa surat pemberitahuan pemberhatian dikirimkan langsung kepada yang bersangkutan. Dan selain kesembilan orang yang diberhentikan. Ada sepuluh orang ASN golongan III yang juga dikenakan sanksi disiplin kepegawaian. 

" Termasuk diantaranya tiga ASN perempuan. Sanksi bagi mereka penurunan pangkat, penundaan kenaikan pangkat satu tahun dan juga penundaan kenaikan pangkat berkala. Pelanggaran disipilin bermacam - macam dari yang jarang masuk kantor, hingga yang tengah menjalani hukum terkait narkoba," pungkasnya (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Klik Tebo | All Right Reserved